GUNUNG SINDORO 3.153 mdpl PADANG EDELWEISS SINDORO

Sindoro merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini sekitar 3.153 mdpl. Saat mendaki ke Sindoro kita dapat menyaksikan kembaran Gunung Sindoro yaitu Gunung Sumbing. Pertama kali saya melakukan pendakian adalah gunung Sindoro. Untuk pendaki pemula seperti saya, Sindoro dapat dikatakan cukup berat. Tapi karena support yang diberikan oleh teman –teman MPA Mahameru saya jadi semangat untuk menuntaskan pendakian pertama saya. Meskipun pendakian pertama terasa melelahkan, tapi rasa lelah itu terbayarkan dengan indahnya pemandangan di atas puncak.
       Saat mendaki Gunung Sindoro kita harus melewati perjalanan yang cukup panjang. Karena untuk sampai ke lerengnya kita harus berjalan dari kaki gunung yang merupakan kawasan pemukiman penduduk. Sindoro adalah salah satu gunung yang langka sumber air. Jadi untuk melakukan pendakian ke Sindoro kita harus berbekal air yang cukup banyak.
         Pertama kita akan melewati perkebunan penduduk. Setelah itu kita akan melewati kawasan hutan yang cukup rapat dan ada dua jembatan kayu yang harus kita lalui. Kemudian kita akan tiba pada pos 2. Pos 2 adalah tempat yang cukup datar dan bisa kita jadikan tempat buat ngecamp. Tapi malam itu kami lebih memilih untuk melanjutkan perjalanan. Meskipun rombongan kami sempat terpisah menjadi dua dan ada salah satu teman yang harus menghentikan pendakian karena kondisi badan yang kurang mendukung.
     Setelah melewati pos 2, kita akan melewati jalanan yang cukup terjal dengan wilayah hutan bersemak dan kondisi tanah yang cukup berpasir. Selanjutnya masih ada jalan berbatu yang harus kita lalui. Nah...semakin ke atas, kita akan menemui padang hijau yang berupa semak ilalang, di situlah kami mendirikan dom. Tapi karena malam itu gelap dan tak ada cahaya bulan sama sekali jadi ya saya tahunya kalau tempat itu adalah padang hijau yang sangat indah waktu terbangun di pagi hari. Sekitar pukul 5 pagi kami terbangun. Terpaksa, kami tak mungkin mendapatkan sun rise di puncak. Akan tetapi dengan tekad yang kuat kami terus melanjutkan perjalanan. Perjalanan pagi itu judulnya masih ada bukit di atas bukit, puncaknya masih lumayan jauh kawan.

Sesi foto bersama teman-teman seperjuangan (foto diambil dari kamera mas Herdin)

Rombongan yang super narsis (Foto diambil oleh mas Zaky)

Bukit demi bukit telah dilalui. Hanya butuh kesabaran untuk mencapai puncaknya. Setelah waktu menunjukkan pukul 09.00 pagi tibalah kami di puncak Sindoro. Lelah kami terbayar sudah dengan indahnya pemandangan puncak Sindoro. Padang edelweiss, dataran puncak yang luas, hijaunya pemandangan di kejauhan, kawah yang berisi bongkahan batu yang menakjubkan menjadi pengobat lelah yang mendera kami. Di puncak kami juga bertemu dengan pendaki lain yang berasal dari Bandung dan Jakarta. Setelah menuntaskan mengambil gambar, kami memutuskan untuk turun. Magrib kami sampai base camp dan jam 19.00 kami otw balik ke Jogja. Pengalaman yang luar biasa...!!