Hemat,Cepat, Bersahabat

Moda transportasi yang satu ini dijamin anti macet. Maklum Indonesia adalah salah satu negara yang tingkat kemacetannya sudah lumayan parah. Ibaratnya, kemacetan itu seperti kawan kemanapun kita pergi. Kalau di kota-kota besar penyebab macet adalah terlalu banyaknya jumlah kendaraan, nah...kalau di pelosok negeri macetnya terkadang karena fasilitas jalan yang banyak lubang di sana sini. Pilih yang mana kira-kira?

ini dia,si hemat,si cepat, dan bersahabat (dokpri)
Jika diminta untuk bermacet-macet ria, tentu tak ada satupun orang yang mau pastinya. Karena kemacetan itu bagi ku membosankan, boros..boros BBM dan boros waktu. Tapi entahlah kalau ada yang suka dengan kemacetan, baru itu unik.
Kira-kira kalau solusi untuk mencegah agar tidak macet, sepertinya dalam jangka waktu dekat masih sulit terealisasi. Namun untuk beralih ke alat transportasi lain, boleh kan ya?
Kereta api, yang bahasa Jawa-nya dikenal sepur, bahasa gaulnya dikenal train merupakan moda transportasi yang cepat, hemat dan bersahabat. Kalau bicara soal macet, alat transportasi ini adalah satu-satunya transportasi darat yang tak kenal macet, kecuali kalau lokomotifnya mengalami masalah atau terkendala relnya yang rusak (berdasarkan pengalaman pribadi).

sekarang lebih nyaman,bisa tidur pules (dokpri)
Sejak jaman kolonial belanda, kereta api memang dikenal sebagai moda transportasi masyarakat yang banyak diminati. Hemat...jelas, setara harga tiket bus. Jadi dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Meskipun kita dapat memilih, mau yang kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif...tarifnya masih cukup terjangkau dan fasilitasnya tak kalah dengan moda transportasi lainnya.Cepat, tak usah diragukan lagi,tidak ada traffic ligth-nya, satu jalur digunakan sendiri dan kalau mau berpapasan tentu pada jalur yang berbeda. Bersahabat,sudah pasti sejak PT. KAI berbenah, kini setiap penumpang kereta diharuskan mendapat tempat duduk. Di dalam kereta juga dilengkapi fasilitas toilet yang bersih, stop kontak (jadi ndak usah takut kehabisan betarai), full AC, jasa pesan antar makanan, bahkan untuk memesan tiket sekarang dipermudah dengan cara online. Enaknya lagi, sekarang jalur kereta sudah disediakan jalur ganda, dan tersedia layanan kereta jarak dekat maupun jarak jauh. Harga tiket juga turun per satu April tahun 2014 ini.

stasiun lebih bersih dan tidak semrawut lagi (dokpri)
Tetapi yang masih perlu dibenahi,dari kita masing-masing ni..pertama, jangan merusak fasilitas umum yang jelas-jelas itu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kedua, mari mulai menjadi pengguna kendaraan umum yang tertib, kalau masing-masing penumpang mau tertib tentu akan lebih aman. Terlalu ekstrim kalau ada penumpang kereta naik di atap kereta, kalau tahu itu bahaya...jangan bahayakan diri kita sendiri dong ya. Ketiga, ayo dukung pemerintah untuk menciptakan fasilitas umum yang benar-benar nyaman. Mulailah dari ikut menjaga kebersihan kereta, minimal dengan mengumpulkan sampah milik kita masing-masing, dan menunggu petugas kebersihan untuk mengambilnya. Menaati segala aturan serta himbauan selama naik kereta juga wajib hukumnya jika kita mau berbenah untuk mendukung terciptanya alat transportasi seperti yang kita inginkan. Jadi...marilah menjadi pengguna moda transportasi yang baik dan bersahabat juga J

bonusnya...sawah yang menghijau.karena jalur kereta kebanyakan melewati persawahan (dokpri)
perjalanan jauh atau dekat tetep nyaman (dokpri)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lawu 3.265 (Antara Dingin, Anggrek dan Berry)

Keringat mu..Tak dihargai Seberapa, Tetapi Niat mu Luar Biasa

GUNUNG SINDORO 3.153 mdpl PADANG EDELWEISS SINDORO